Ribut 'King of Lip Service', HMI Korkom Walisongo: Kritis Mahasiswa Harus Terus Dibangkitkan

HMI Korkom Walisongo Semarang mendukung penuh sikap kritis aktivis mahasiswa UI baru-baru ini. Kritikan berupa konten viral di jagat maya it...


HMI Korkom Walisongo Semarang mendukung penuh sikap kritis aktivis mahasiswa UI baru-baru ini. Kritikan berupa konten viral di jagat maya itu merupakan realitas yang kini tengah terjadi. Padahal, kritikan 'King of Lip Service' adalah salah satu bentuk kepedulian mahasiswa terhadap negara ini.

Melalui surat undangan Rektorat Universitas Indonesia nomor 915/UN2.RI. KMHS/PDP.00.04.00/2021, perihal pemanggilan yang ditujukan kepada BEM UI untuk melakukan klarifikasi atas postingan berupa poster yang mencatumkan foto Joko Widodo. Poster yang dipublikasikan pada tanggal 26 Juni 2021 ini membahas tentang kebohongan janji-janji Presiden Joko Widodo.

Ketua Umum HMI Korkom Walisongo Semarang, Halimah Sa’diyah menyatakan bahwa, sebagai Mahasiswa, yang mengaku cinta tanah air, selayaknya mengingatkan dan mengkritik pejabat terkait, dan itulah salah satu caranya. Terhadap kritikan yang dilontarkan BEM UI, itu bisa dipertanggungjawabkan, karena merupakan realita, dan ada kajiannya.

“Ada pernyataan yang pernah dilontarkan oleh Jokowi tapi ternyata tidak sesuai realita. Maka, layak kita hadirkan pernyataan seperti itu," kata Halimah.

Pengurus BEM Universitas Indonesia (BEM UI) dipanggil oleh pihak rektorat setelah menyebut Jokowi sebagai king of lip service. Menyikapi hal tersebut, Korkom Walisongo Semarang  angkat bicara.

“Kami menilai bahwa tindakan rektorat tersebut adalah upaya memberangus kebebasan berpendapat. Jangan sampai jabatan rektor berubah menjadi jabatan polotik” ujar Halimah. 

HMI Korkom Walisongo dengan ini menyatakan sikap untuk bersolidaritas dan menyayangkan atas hilangnya demokrasi di kampus UI.

Halimah menyatakan bahwa ia mengecam segala bentuk pembungkaman ekspresi kebebasan berpendapat. Termasuk apa yang dilakukan oleh kampus UI yang baginya itu merupakan bukti kemunduran demokrasi negeri ini. Kita harus menyadari bahwa apa yang dilakukan BEM UI melalui postingan tersebut juga merupakan kondisi nyata yang terjadi di tengah ketegangan politik nasional.

"Kami sungguh mengecam segala bentuk pembungkaman pada kebebasan berekspresi yang terjadi khususnya kepada sesama kawan-kawan mahasiswa," tegasnya.

Sementara itu, Fajri Rafly sebagai Sekretaris Umum HMI Korkom Walisongo menyatakan bahwa sikap BEM UI itu mewakili sikap banyak orang yang tidak memiliki keberanian untuk menyuarakan aspirasinya dan berdasarkan fakta.

“Kami, HMI Korkom Walisongo bersepakat bahwa konten tersebut menyajikan fakta yang ada sejalan dengan segala permasalahan yang ditemukan di Masyarakat," ujar Fajri.

Atas pemuatan meme tersebut di media sosial, Universitas Indonesia mengambil sikap dengan melakukan pemanggilan terhadap BEM UI pada sore hari Minggu, 27 Juni 2021.

Cobalah saksikan bersama mengenai kemunduran demokrasi yang semakin terlihat disaat DPR mengesakan RKUHP. Sebab, di dalamnya terdapat banyak pasal yang mengekang kebebasan pendapat. Sama halnya yang terjadi di Kampus UI, tindakan rektorat tersebut adalah upaya memberangus kebebasan berpendapat. Tujuannya pun baik, yakni mengoreksi kekeliruan.

Civitas akademika, termasuk rektor, mestinya wajib menjaga mimbar akademik dengan tentunya memberi kebebasan ruang intelektual agar tetap bersuara dan berpihak pada kebenaran

Kami merindukan kampus yang pimpinannya mendorong mahasiswa untuk menyuarakan kebenaran. Namun saat ini, pimpinan kampus dianggap hanya mengamankan jabatan saja. Tidak boleh hilang sikap kritis mahasiswa, harus terus dibangkitkan dan tidak boleh dimatikan,” kata Halimah.

 

COMMENTS

5/slider-recentpost
Nama

Agenda,18,artikel,1,Berita,36,Infografik,5,INFOLK,2,Komisariat,4,Komsariat,1,LDMI,1,lomba,2,lomba artikel,3,LSO,1,LSO HMI Korkom Walisongo,1,Opini,9,
ltr
item
HMI Korkom Walisongo: Ribut 'King of Lip Service', HMI Korkom Walisongo: Kritis Mahasiswa Harus Terus Dibangkitkan
Ribut 'King of Lip Service', HMI Korkom Walisongo: Kritis Mahasiswa Harus Terus Dibangkitkan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiFPHYNu5raQ7UoksOVBWnktRMnnl7Os0J1y3WCHh0es_g3tngr_y85VTTjHuMS5BFvWHkNi7WrECqGLmokqkvTOP-6X_TmdyTsz7Q3udfiHHS-Sjmr09Bekh2889LQ49RHXNdM4RUWczRC/s0/download+%25283%2529.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiFPHYNu5raQ7UoksOVBWnktRMnnl7Os0J1y3WCHh0es_g3tngr_y85VTTjHuMS5BFvWHkNi7WrECqGLmokqkvTOP-6X_TmdyTsz7Q3udfiHHS-Sjmr09Bekh2889LQ49RHXNdM4RUWczRC/s72-c/download+%25283%2529.jpg
HMI Korkom Walisongo
https://www.hmiwalisongo.or.id/2021/06/ribut-king-of-lip-service-hmi-korkom.html
https://www.hmiwalisongo.or.id/
https://www.hmiwalisongo.or.id/
https://www.hmiwalisongo.or.id/2021/06/ribut-king-of-lip-service-hmi-korkom.html
true
1774962029743000001
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy