Massa HMI Perang Argumen Dengan Polisi di Mapolda Jateng

Semarang – Puluhan kader HMI Korkom Walisongo menggelar aksi solidaritas di depan Mapolda Jawa Tengah, Jumat (15/3/2019). Aksi solid...


Semarang – Puluhan kader HMI Korkom Walisongo menggelar aksi solidaritas di depan Mapolda Jawa Tengah, Jumat (15/3/2019).

Aksi solidaritas ini berkaitan dengan tindakan represif yang dilakukan oleh aparat kepolisian terhadap gerakan aktivis di beberapa wilayah di Indonesia. Di Balikpapan (11/2), sedikitinya 11 aktivis harus dilarikan ke rumah sakit akibat luka hantam. Kekerasan juga dialami oleh puluhan massa demonstrasi di Kendari (6/3).

Koordinator Lapangan Kodrat Alamsyah menyayangkan tindakan yang dilakukan oleh aparat kepolisian di Balikpapan dan wilayah lainnya. Menurutnya, tindakan kekerasan tersebut bertentangan dengan tugas dan kewajiban polisi.

“Tidak ada alasan apapun yang membenarkan polisi boleh melakukan kekerasan, apalagi korban sampai harus dirawat. Ini jelas bertentangan dengan tugas polisi, yang katanya melayani dan melindungi masyarakat,” terangnya.
Puluhan massa berorasi di depan Mapolda Jateng

Aksi yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut berjalan dengan lancar dan damai. Belasan kader HMI berorasi secara bergantian dengan diselingi lagu-lagu perjuangan.

Sebagaimana tertulis di press release, ada 3 hal yang menjadi tuntutan massa pada aksi tersebut. 1) stop kriminalisasi gerakan aktivis, 2) copot status aparat kepolisian yang melakukan tindakan represif, dan 3) tangkap dan adili aparat kepolisian yang melakukan tindakan represif terhadap aktivis.

Kepala Siaga 3 SPKT Polda Jateng Kompol Mujono menyambut massa aksi dengan baik. Dia memberikan penjelasan mewakili Kapolda yang sedang ke luar kota.

“Karena Kapolda sedang di luar, sementara surat tuntutan saya bawa. Nanti akan saya sampaikan kepada Kapolda,” jelasnya.

Namun massa tidak langsung percaya sampai terjadi adu argumen cukup lama dengan polisi. Massa menginginkan untuk masuk dan bertemu langsung dengan Kapolda.

“Maksud kami, yang bertanggung jawab terhadap surat tuntutan itu siapa, Setum kan?” ungkap Kodrat.

“Begini saja, ini biar diterima dulu, nanti beberapa hari lagi dari perwakilan ke sini,” jelas Pontjo Oetomo, anggota Provos Polda Jateng.

Penjelasan yang diutarakan oleh polisi tersebut dianggap lepas tangan dan tidak mau bertanggung jawab.

“Kalau memang Kapolda tidak ada, biarkan kami masuk menemui Setum yang katanya bertanggung jawab,” pungkas Abdurrahman Syafrianto, Kabid PTKP HMI Korkom Walisongo.

Unjuk rasa diakhiri dengan penyerahan surat tuntutan oleh perwakilan massa kepada Setum Polda Jateng.

(Red TAN)

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
5/slider-recentpost
Nama

Agenda,18,artikel,1,Berita,36,Infografik,5,INFOLK,2,Komisariat,4,Komsariat,1,LDMI,1,lomba,2,lomba artikel,3,LSO,1,LSO HMI Korkom Walisongo,1,Opini,9,
ltr
item
HMI Korkom Walisongo: Massa HMI Perang Argumen Dengan Polisi di Mapolda Jateng
Massa HMI Perang Argumen Dengan Polisi di Mapolda Jateng
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjPbcVzvxuuECRSJPFJH41wb4yVrCmIgOVkTLZl0EVG_y5tJ_E0OQAvmZ_x1OOFxM2caGlGzyQXWwm9ClA9Hapv08Ikaa0pykDEm7gx-xoQbEbWHsksRITOdhkUJrMxI1OMFYTIG9GM-PI/s320/IMG_20190315_103808.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjPbcVzvxuuECRSJPFJH41wb4yVrCmIgOVkTLZl0EVG_y5tJ_E0OQAvmZ_x1OOFxM2caGlGzyQXWwm9ClA9Hapv08Ikaa0pykDEm7gx-xoQbEbWHsksRITOdhkUJrMxI1OMFYTIG9GM-PI/s72-c/IMG_20190315_103808.jpg
HMI Korkom Walisongo
https://www.hmiwalisongo.or.id/2019/03/massa-hmi-perang-argumen-dengan-polisi.html
https://www.hmiwalisongo.or.id/
https://www.hmiwalisongo.or.id/
https://www.hmiwalisongo.or.id/2019/03/massa-hmi-perang-argumen-dengan-polisi.html
true
1774962029743000001
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy